Wah2 ada aja temanku nie, masak belum ambil mata kuliah Kompetensi Dasar Mengajar dan Strategi Belajar Mengajar sudah loncat ambil mata kuliah Evaluasi Pendidikan, Pengembangan Bahan Ajar dll, dengan alasan biar semester depan bisa PPL.
Pantesan aja waktu Bu. ***** (ga' boleh sebut merk) ngomongin tentang RPP, Silabus jadi mumet deh tu anak. Ditanya soal RPP gak tau dia'e, jangankan bentuknya, RPP itu singkatannya apa aja dia gak paham kok.
Nie bro...aku kan teman yang baik tho...
Tak kasih tahu RPP itu apa... :-)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
PENGERTIAN RPP
Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa:
”Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.
Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Rencana yang menggambarkan Prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.
Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup1(satu) kompetensi dasar yang terdiri atas1(satu) indikator atau beberapa indikator untuk1(satu) kali pertemuan atau lebih.
KOMPONEN RPP
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Komponen RPP adalah:
- Identitas mata pelajaran, meliputi:
a. satuan pendidikan,
b. kelas,
c. semester,
d. program studi,
e. mata pelajaran atau tema pelajaran,
f. jumlah pertemuan.
- standar kompetensi
merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
- kompetensi dasar,
adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
- indikator pencapaian kompetensi,
adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
- tujuan pembelajaran,
menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
- materi ajar,
memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
- alokasi waktu,
ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
- metode pembelajaran,
digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
- kegiatan pembelajaran :
Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut.
- Penilaian hasil belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.
- Sumber belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Contoh minimal Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebagai berikut :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : ...................................
Kelas, Semester : ...................................
Standar Kompetensi : ...................................
Kompetensi Dasar : ...................................
Indikator : ...................................
Alokasi Waktu : ..... x ... menit (… pertemuan)
B. Tujuan Pembelajaran
C. Materi Pembelajaran
D. Metode Pembelajaran
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pertemuan 1
Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Pertemuan 2
Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Pertemuan 3. dst
F. Sumber Belajar
G. Penilaian
Mengetahui
Kepala Sekolah..................., Guru Mata Pelajaran,
.................................. ............................
NIP. NIP.
Contoh RPP *
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tahun Pelajaran 2010 / 2011
Satuan Pendidikan : SMK PGRI 6 MALANG
Program Keahlian : Akuntansi
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XI/3
Standar Kompetensi : Mengelola Kartu Piutang
Kompetensi Dasar : Mempersiapkan pengelolaan kartu piutang
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
Pertemuan ke : 12
I. INDIKATOR
1. Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan piutang tersedia
2. Data transaksi piutang tersedia
II. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses pembelajaran ini siswa diharapkan dapat:
1. Memahami pengertian piutang dan jenis-jenisnya.
2. Mengetahui transaksi-transaksi yang berkaitan dengan piutang
3. Memahami prosedur pencatatan piutang
III. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian piutang
Piutang merupakan klaim atau tagihan yang timbul karena adanya suatu transaksi
2. Jenis-jenis piutang
a. Piutang dagang
b. Piutang wesel/wesel tagih
c. Piutang lain-lain
3. Prosedur pencatatan piutang
Persiapan yang diperlukan dalam dalam prosedur pencatatan piutang, antara lain :
a. Kartu piutang, merupakan catatan akuntansi berupa buku pembantu yang berisi rincian mutasi piutang perusahaan kepada tiap-tiap pelanggannya.
b. Buku jurnal yang diperlukan dalam pencatatan akuntansi antara lain:
1) Jurnal penjualan
2) Jurnal retur penjualan
3) Jurnal umum
4) Jurnal penerimaan kas
IV. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 12 (3x40 menit) | |||
No. | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Kegiatan Awal a. Memberi salam dan mengabsensi siswa b. Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang piutang. | 20’ | Ceramah & Tanya Jawab |
2. | Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan materi tentang pengertian piutang b. Guru menjelaskan materi tentang jenis-jenis piutang c. Guru menjelaskan materi tentang transaksi-transaksi yang berkaitan dengan piutang d. Guru menjelaskan materi tentang prosedur pencatatn piutang e. Guru memberikan contoh nyata di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan materi f. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang sudah dijelaskan | 90’ | Ceramah & Tanya jawab |
3. | Kegiatan Akhir a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dijelaskan b. Memberikan tugas yaitu mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam buku pegangan | 10’ | Ceramah |
I. SUMBER BELAJAR
1. Harti, Dwi. 2009. Modul Akuntansi 2A untuk SMK dan MAK. Jakarta : Erlangga.
2. Somantri, Hendi. 2000. Akuntansi Keuangan SMK Tingkat 2. Bandung : ARMICO
II. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Papan tulis
2. Buku pegangan
Menyetujui, Malang,19 Agustus 2010
Guru Pamong Praktikan
Wahyu Sasongko, S.Pd Mandala Eka CL
Kepala Sekolah
Drs. Haryanto, M. Pd
*) RPP ini dubuat oleh mahasiswa PPL saat akan mengajar di tempat PPL.
Special thaks for Mandala Eka Cahya L. maaf RPPnya tak publikasikan tanpa bilang2 dulu ^^ Peace.
ini Mandala
yang naksis boleh hubungi nomer dibawah ini
081811000000
0 komentar:
Posting Komentar